Berapa Gaji Yang Ideal untuk Beli Mobil? Simak di Sini
Sumber: canva.com

Finance / 3 July 2024

Kalangan Sendiri

Berapa Gaji Yang Ideal untuk Beli Mobil? Simak di Sini

Claudia Jessica Official Writer
770

Membuka artikel ini, kemungkinan besar Anda memiliki keinginan untuk membeli atau memiliki mobil. Mobil adalah kendaraan yang relatif nyaman dan efisien untuk bepergian, terutama dalam perjalanan jarak yang panjang atau telah berkeluarga dan memiliki anak.

Namun, perlu diketahui bahwa mobil adalah aset mahal yang membutuhkan banyak biaya dan nilainya terus menurun sepanjang waktu. Jika keuangan Anda belum stabil, jangan memaksakan diri untuk membeli mobil atau kondisi keuanganmu akan terancam.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, Anda perlu memastikan memiliki gaji atau pendapatan yang cukup untuk membeli dan merawat mobil nantinya.

Dari sini, mungkin timbul pertanyaan: Berapa gaji yang ideal untuk membeli mobil?

Melansir dari detik.com, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group, Andy Nugroho menjelaskan bahwa setidaknya kita membutuhkan 30% gaji bulanan untuk mencicil mobil.

Misalnya untuk wilayah Jabodetabek, mobil dengan harga terendah berkisar di Rp 93.550.000. Dengan tenor pembayaran selama 60 bulan atau 5 tahun, dengan pembayaran pertama sebesar Rp 34.978.148 termasuk dengan biaya asuransi dan biaya lain-lainnya. Maka cicilan per bulannya sekitar Rp 1.780.569.

Jika dibulatkan menjadi Rp 1.800.000, maka income yang sebaiknya dimiliki adalah Rp 1.800.000 x 100/30, yaitu Rp 6.000.000.

Lamanya cicilan yang harus dibayar bergantung pada dealer atau pihak leasing. Semakin panjang tenornya, maka semakin ringan cicilan yang dibayar perbulan, namun, sebenarnya total yang dibayarkan menjadi lebih besar dibanding dengan tenor yang lebih singkat.

Maka dari itu, Andy memberikan saran bahwa jika Anda ingin membeli mobil hanya untuk jalan-jalan atau hal lain yang bersifat rekreatif, ia menilai tidak perlu. Namun, tidak masalah jika mobil digunakan untuk kegiatan yang produktif seperti bekerja, atau disewakan.

Andy menambahkan bahwa kendaraan bermotor cenderung mengalami penurunan harga setelah digunakan.

Untuk mendapatkan cicilan yang lebih ringan, usahakan untuk memberikan dp yang cukup besar. Jika tida bisa, artinya Anda harus menurunkan mobil yang Anda incar dengan mobil yang lebih cocok dengan budget yang Anda miliki.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami